10 Jenis Usaha Sampingan Karyawan yang Menguntungkan

Table of Contents

makaryo.net – 10 Jenis Usaha Sampingan Karyawan yang Menguntungkan, Usaha sampingan karyawan bisa menjadi salah satu alternatif untuk menambah penghasilan, selain mengandalkan gaji pokok perusahaan. Berikut adalah beberapa ide bisnis untuk karyawan sekunder.

Menjalankan usaha sekaligus mempertahankan pekerjaan di suatu perusahaan merupakan salah satu impian sebagian besar pekerja. Selain meningkatkan pendapatan, pekerjaan sampingan sebagian besar karyawan akan menambah hal-hal positif dalam kehidupan mereka.

Usaha sampingan karyawan bisa menjadi alternatif pilihan sumber penghasilan tambahan, selain gaji pokok dan insentif perusahaan lainnya. Saat ini ada beberapa ide bisnis skala rumahan yang bisa dilakukan oleh seorang karyawan.

Kumpulan ide bisnis dari karyawan bisa datang dari mana saja, seperti buku bisnis atau contoh pengusaha sukses yang sudah memulai bisnis sendiri dari nol.

Dikutip dari The Balance SMB dan Makeuseof.com, berikut kumpulan ide bisnis sederhana untuk karyawan.

Usaha Sampingan Karyawan yang Menguntungkan 1. Penjualan Stok dan Elemen Foto

Bagi seseorang yang menyukai fotografi, menjual foto yang diambil di berbagai situs stok foto mungkin bisa menjadi pilihan. Selain mudah dilakukan karena hanya perlu menggunakan smartphone dan tidak membutuhkan peralatan yang mahal, contoh bisnis karyawan ini dijamin akan menambah penghasilan.

Ada banyak situs di Internet saat ini yang dapat digunakan untuk menjual foto. Salah satunya adalah Shutterstock. Di halaman ini, seseorang dapat mendaftar sebagai kontributor dan kemudian mengunggah foto.

Gambar yang diunggah dapat berhubungan dengan pemandangan, orang, peristiwa, atau objek dalam aktivitas sehari-hari. Agar lebih menarik, foto tersebut dapat dimodifikasi sesuai peraturan yang berlaku.

Selain Shutterstock, Vista Create juga menjalankan program serupa. Di situs ini Anda juga bisa mendapatkan uang tambahan dengan mengirimkan foto. Unggah gambar dan jika dipilih untuk dimasukkan, itu akan diberi hadiah.

Menjual foto yang Anda ambil bisa menjadi alternatif pilihan bisnis sampingan karyawan yang bisa Anda coba. Selain mudah, berbagai smartphone kini dapat menangkap gambar dengan kualitas yang baik.

2. Membuka layanan kursus

Kursus adalah salah satu layanan yang menawarkan pendampingan, pelatihan dan pengembangan seseorang di bidang tertentu. Jenis kursusnya juga sangat berbeda, dari mengajar pelajaran sekolah hingga kursus mendalam dalam keterampilan teknis.

Membuka jasa kursus bisa menjadi contoh bisnis yang menguntungkan bagi karyawan. Juga, jika layanan ini dibuka oleh seseorang yang berkualifikasi tinggi di bidang tertentu.

Selain itu, layanan kursus ini dapat dilakukan secara online. Ini adalah kenyamanan yang bagus, karena tidak mengharuskan Anda untuk bertemu siswa secara langsung.

Jika Anda bingung, kini ada situs yang bisa mempertemukan calon guru beserta siswanya. Salah satu situs tersebut adalah Teachable, yang membantu orang memilih ide kursus dan menyediakan kerangka kerja untuk memulai bisnis kursus online baru yang menguntungkan.

3. Penyunting dan Pengoreksi Tulisan

Jenis aktivitas karyawan ini bukanlah hal baru. Ini karena layanan pengeditan dan proofreading telah populer dalam beberapa tahun terakhir. Kegiatan ini dapat dilakukan secara mandiri.

Untuk mengelola bisnis sekunder karyawan ini, seseorang harus memiliki keterampilan dan kompetensi bahasa (bahasa) yang baik. Tidak hanya itu, pekerjaan ini akan terbayar mahal jika koreksi dan hasil perubahannya memuaskan.

Meskipun alat pengeditan online sudah tersedia, itu tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan pekerjaan pikiran. Ini karena mata manusia lebih baik dalam mendeteksi kesalahan dan memahami konteks tulisan. Perusahaan bereputasi baik selalu lebih memilih korektor manusia untuk mengoreksi konten dan salinan mereka.

Jika Anda tertarik dengan jenis bisnis ini, Anda dapat menjual karya Anda dalam bentuk portofolio pengeditan di pasar online Fiverr yang dapat ditemukan klien.

4. Penulis lepas

Di era kemajuan teknologi sekarang ini, banyak sekali perusahaan besar yang membutuhkan jasa di bidang penulisan. Berdasarkan tren, contoh pekerjaan ini termasuk penulis konten, penulis slogan, penulis laporan, dan banyak lagi.

5. Penerjemah

Kecanggihan aplikasi penerjemah saat ini memang sangat berguna untuk bekerja di berbagai perusahaan. Meski begitu, tingkat akurasi terjemahannya masih cukup rendah.

Kesempatan ini dapat dimanfaatkan oleh orang-orang yang memiliki pengetahuan bahasa asing. Selain cukup mahal, contoh aktivitas karyawan ini bisa dilakukan secara online.

6. Jasa desain grafis dan editing video

Dengan merebaknya penggunaan jejaring sosial sebagai alat branding dan pemasaran oleh perusahaan, keberadaan jasa edit video dan desain grafis menjadi sangat diperlukan. Pengemasan konten yang menarik merupakan persyaratan penting bagi perusahaan-perusahaan ini.

Layanan desain grafis dan pengeditan video dapat dilakukan sesuai keinginan Anda. Jika seseorang memiliki keahlian di bidang ini, maka peluang jasa tersebut untuk dijadikan sebagai usaha sampingan yang menguntungkan bagi karyawan akan semakin besar.

Ide bisnis sampingan karyawan lainnya

Selain beberapa ide bisnis sampingan karyawan di atas, masih banyak lagi contoh bisnis menguntungkan yang bisa dijalankan oleh seorang karyawan.

Dalam laporan Buku Warung dan Mitra Bukalapak, berikut beberapa ide bisnis yang dapat menginspirasi aktivitas karyawan:

1. Toko online

Bisnis sampingan karyawan yang populer dilakukan banyak orang adalah menjual barang atau produk secara online. Jenis kegiatan ini sangat cocok untuk dibawa pulang karena dapat disesuaikan dengan waktu luang yang tersedia.

Berbagai jenis produk yang dijual secara online sangat bervariasi, tergantung minat dan kecocokannya. Jika Anda tertarik, produk tersebut bisa dijual di berbagai platform seperti Shopee, Tokopedia, Blibli dan lain-lain.

2. Usaha benih dan tanaman hias

Bisnis benih dan tanaman hias memiliki potensi yang besar jika digarap dengan serius. Apalagi belakangan ini kebiasaan merawat tanaman hias semakin marak di masyarakat. Oleh karena itu, kegiatan ini dapat menjadi alternatif pilihan kegiatan sekunder bagi karyawan.

3. Buka kedai kopi

Kedai kopi atau warkop adalah tempat favorit untuk bertemu teman-teman. Bisnis ini memiliki potensi sebagai bisnis dengan keuntungan yang lumayan.

Sebagian besar warkop memiliki target pasar yang besar, karena banyak orang akan memilih tempat ini sebagai tempat pertemuan. Jika digarap dengan serius, usaha kecil ini akan menghasilkan pendapatan karena modal awal yang tidak terlalu besar.

4. Jasa jual beli motor bekas dan rental mobil

Salah satu kegiatan jaminan karyawan yang dapat menghasilkan omzet yang besar adalah jual beli sepeda motor bekas dan jasa sewa mobil. Jenis kegiatan ini harus dilakukan dengan hati-hati, karena modal pertama tidak sedikit.

Khusus untuk jual beli sepeda motor bekas, sejauh ini peminatnya masih cukup banyak. Sepeda motor bekas masih banyak dicari karena harganya yang relatif terjangkau dibandingkan dengan membeli sepeda motor baru. Itulah beberapa ide bisnis dari karyawan yang mudah diterapkan dan bisa mendatangkan penghasilan tambahan. Sebagai catatan, jika Anda ingin perusahaan memiliki prospek yang baik, Anda harus menganggapnya serius.


Post Views:

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.