12 Ide Bisnis Menguntungkan Mahasiswa

Apakah Anda seorang pelajar dan ingin memulai ide bisnis? Tapi bingung mau ngapain? Simak beberapa ide bisnis berikut untuk mahasiswa.

Masa-masa menjadi mahasiswa adalah masa yang paling membahagiakan bagi kebanyakan orang. Siswa pada umumnya hidup mandiri dan jauh dari orang tua. Keadaan ini menuntut mahasiswa untuk mengatur kehidupannya dengan baik, termasuk dalam hal keuangan. Kebutuhan siswa sangat besar, terkadang uang saku bulanan tidak mencukupi.

Oleh karena itu, banyak mahasiswa yang mengambil pekerjaan paruh waktu untuk menambah uang jajan.

Tidak sedikit perusahaan yang menawarkan kesempatan kerja paruh waktu kepada mahasiswa. Namun, jam kerja dinilai kurang fleksibel. Jika tidak ingin terlalu terkekang waktu namun tetap mendapatkan penghasilan, cobalah ide bisnis mahasiswa di bawah ini.

1. Les Privat

Bisnis pertama yang berpotensi menghasilkan pendapatan besar adalah jasa les privat. Kegiatan ini cocok untuk Anda sebagai mahasiswa pascasarjana pendidikan.

Jika Anda seorang mahasiswa non-pendidikan, Anda tetap bisa mengelola bisnis ini. Pasar referensi setara dengan siswa SD, SMP, dan SMA.

Anda dapat memperoleh penghasilan langsung dari sesi yang Anda selesaikan. Namun, beberapa orang tua juga membayar selama sebulan.

Tutor privat bisa mengantongi uang mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 200.000 per sesi.

2. Penulis

Alternatif bisnis kedua yang bisa dilakukan mahasiswa adalah menjadi penulis lepas.

Menjadi seorang penulis juga dapat dianggap sebagai peluang bisnis online yang sangat baik.

Pekerjaan ini cocok untuk Anda yang suka menuliskan ide dan gagasan.

Pekerjaan ini bisa dilakukan kapan saja dan tanpa harus ke kantor. Hanya dengan ide kreatif, komputer atau laptop, dan koneksi internet, Anda sudah bisa mulai menulis. Dari mana asal karya penulis? Temukan situs untuk freelancer. Di sana, banyak orang mencari jasa penulis. Anda dapat mendaftar dan kemudian mendapatkan pekerjaan.

3. Fotografer

Punya kamera tapi sering menganggur karena jarang dipakai? Sekarang Anda dapat menggunakannya untuk mulai mendapatkan peti rupee.

Bisnis fotografi cukup menjanjikan jika digarap dengan serius. Menawarkan jasa terkadang seperti wisuda atau foto grup untuk organisasi dan lain-lain.

Jika Anda ingin menghasilkan lebih banyak pendapatan, cobalah mencari pekerjaan sebagai fotografer pernikahan. Umumnya biaya jasa yang diberikan lebih mahal daripada foto wisuda.

Selain menerima pesanan secara langsung, ia juga menjual karya fotografinya di situs-situs seperti shutterstock.

4. Pemandu Wisata

Apakah kota tempat Anda belajar memiliki banyak tempat wisata? Jika demikian, Anda bisa menguangkan para turis yang datang. Bagaimana?

Menjadi pemandu wisata bagi para wisatawan yang datang. Anda dapat melakukan pekerjaan ini pada akhir pekan atau hari libur. Jadi Anda tidak perlu mengorbankan waktu Anda untuk menghadiri kelas.

Ini akan menjadi keuntungan jika Anda memiliki pengetahuan tentang bahasa asing. Karena itu, Anda bisa mengantar turis dari luar negeri. Otomatis, penghasilan Anda akan lebih tinggi.

5. Bisnis Jasa Pembuatan Website

Kegiatan kelima ini cocok untuk mahasiswa dengan peminatan seperti ilmu komputer, sistem informasi atau teknologi informasi. Di perguruan tinggi, Anda mendapatkan materi pembuatan situs web, bukan? Gunakan pengetahuan Anda untuk menemukan peti rupee. Anda bisa menawarkan jasa pembuatan website kepada teman-teman yang sedang mengerjakan skripsi.

Anda juga bisa menjadi freelancer khusus untuk membuat website. Bergabunglah dengan situs seperti Fiverr untuk mendapatkan cetak biru.

6. Penerjemah

Ada banyak karya ilmiah atau literatur yang perlu diterjemahkan dari bahasa asing ke bahasa Indonesia dan sebaliknya. Sayangnya, tidak semua orang cukup kompeten untuk melakukan ini.

Jika Anda memiliki pengetahuan yang baik tentang bahasa asing, ambil kesempatan untuk menjadi penerjemah. Dengan cara ini, menjadi penerjemah dapat dianggap sebagai peluang bisnis jasa tanpa modal yang cukup.

Anda dapat menawarkan layanan kepada orang-orang terdekat Anda atau melalui situs untuk freelancer. Untuk meningkatkan hubungan Anda, bergabunglah dengan sekelompok penerjemah yang dapat Anda temui di jejaring sosial seperti Facebook atau Telegram.

Di grup ini kamu bisa berbagi pengalaman, berbagi tips dan yang terpenting, berbagi pekerjaan.

7. Desain Grafis

Apakah Anda seorang mahasiswa desain grafis atau komunikasi visual? Jika iya, ide bisnis mahasiswa ini sangat cocok dengan bidang ilmu Anda. Industri kreatif di bidang desain terus berubah setiap hari. Anda dapat memanfaatkan peluang besar ini untuk menghasilkan keuntungan.

Buat portofolio untuk diterapkan ke berbagai situs freelance. Banyak juga perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan untuk freelancer desain grafis dengan sistem remote.

Artinya, Anda bisa menyelesaikan pekerjaan di mana saja tanpa harus datang ke kantor. Salah satu kendala dalam melakukan pekerjaan desain grafis adalah lingkungan sekitar. Bagaimana bisa? Karena tidak sedikit teman atau saudara yang meminta desain gratis atau harga “teman”.

8. Bisnis BPOB

Ingin berbisnis tanpa perlu modal banyak? Bisnis BPOB adalah jawabannya. Jual pulsa dan paket internet banyak dipilih mahasiswa karena mudah dan tidak membutuhkan modal yang banyak.

Sayangnya, banyak orang gagal dan akhirnya gagal. Alasannya adalah manajemen yang buruk.

Besarnya utang juga menyebabkan perputaran modal terhenti dan perusahaan bangkrut.

Jika Anda ingin berbisnis kredit, Anda perlu mengelolanya dengan baik dan benar. Jangan membuat konsesi seperti hutang jika Anda menginginkan bisnis yang teratur dan sukses.

Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang bisnis ini, Anda dapat merujuk pada artikel tentang tips memulai bisnis penjualan pulsa.

9. Menjual Snack

Jajanan atau jajanan sering menjadi teman bagi siswa ketika sedang mengerjakan pekerjaan rumah atau sekedar bersantai.

Anda bisa berbisnis dengan menjual jajanan ke sesama mahasiswa. Anda bisa menjual dengan sistem pre-order untuk meminimalisir potensi kerugian.

Cari pemasok di kampus atau di toko online. Temukan jajanan yang paling disukai siswa dan belilah dalam jumlah banyak. Kemudian kemas ulang dan tambahkan branding Anda.

Selain itu anda juga bisa membuat jajanan sendiri yang ingin anda jual, anda bisa cek ide usaha jajanan untuk referensi jajanan yang akan di jual. Untuk memudahkan penjualan jajanan online, jika menggunakan WhatsApp bisa menggunakan link BukuWarung WhatsApp.

Fungsinya akan mengubah nomor Anda menjadi sebuah link, sehingga nantinya pembeli Anda tidak perlu lagi mengetikkan nomor WhatsApp, melainkan cukup mengklik link tersebut.

10. Online Shop

Bisnis toko online bisa dilakukan tanpa modal minimal. Triknya adalah menjadi dropshipper. Tidak perlu membeli barang, cukup bertindak sebagai perantara.

Carilah toko online yang menjual barang dengan harga murah. Jual kembali item di toko Anda dengan sedikit menaikkan harganya.

Anda bisa menggunakan platform pasar yang cukup populer di Indonesia, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan Lazada.

Target pasar dari toko online ini bukan hanya teman-teman kampus saja, tetapi masyarakat umum juga. Untuk mempermudah berjualan, pilihlah merchandise yang banyak dicari orang.

11. Perawatan Hewan

Apakah Anda suka memelihara anjing atau kucing? Menawarkan layanan perawatan hewan peliharaan seperti yang disebutkan di atas.

Anda bisa memulai bisnis ini dengan menawarkan jasa di media sosial. Jika Anda mendapatkan pelanggan dalam jumlah banyak, Anda bisa mengajak rekan kerja Anda untuk menjalankan bisnis bersama.

Bisnis penitipan hewan peliharaan ini masih memiliki peluang bisnis yang bagus karena banyak orang yang sibuk dan tidak punya waktu untuk merawat hewan peliharaannya.

12. Jual Barang Bekas

Barang bekas sering dianggap sampah yang tidak perlu. Meski barang-barang tersebut masih memiliki nilai jual, meski tidak setinggi saat masih baru. Bisnis jual beli barang bekas memiliki peluang bagus jika menemukan kolektor yang tepat. Biasanya para pengepul ini membeli barang bekas untuk di daur ulang.

Cobalah menawarkan jasa penjualan barang bekas kepada teman Anda. Jadi, dalam bisnis ini, Anda adalah penghubung antara pemilik barang bekas dan pengepul.

Dari 12 ide bisnis yang menguntungkan di atas, mana yang tepat untuk Anda? Tidak ada salahnya memulai bisnis saat masih berstatus mahasiswa. Memulai usaha kecil dapat melatih jiwa wirausaha Anda, yang akan berguna di masa depan.

Namun, jangan lupa bahwa meskipun Anda adalah bisnis kecil, Anda harus pandai mengelola keuangan, untuk ini Anda dapat menggunakan aplikasi manajemen keuangan.


Post Views:

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.