4 Cara Cek Pemakaian Kuota Indihome (Wifi/Internet) Sendiri

Cara cek pemakaian kuota Indihome bisa dilakukan dengan beberapa cara. Dalam artikel ini kamu akan mengetahui bagaimana cara untuk melakukan pengecekan sehingga bisa memanfaatkan layanan internet ini dengan lebih baik. Selain itu kamu juga akan mengetahui beberapa tips yang berhubungan.

Mengetahui sisa internet indihome atau mengetahui sisa FUP sangat penting. Karena jika sudah memenuhi batas penggunaan minimal biasanya akan mengalami penurunan kecepatan dengan sendirinya. Bahkan penurunan kecepatannya bisa sangat maksimal

Itulah kenapa menjaga kecepatan tetap stabil dengan tetap memanfaatkan internet yang ada harus diperhatikan. Jadi, Kamu tidak akan menggunakan internet secara berlebihan sehingga penggunaan bisa stabil dari awal hingga akhirnya selesai dalam satu periode.

Cakupan Layanan Indihome

Salah satu layanan internet provider broadband yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah indihome. Layanan ini dulunya diberi nama Telkom Speedy karena dikelola dan dikembangkan oleh PT Telkom yang masih menjadi bagian dari BUMN.

Setelah melakukan penetrasi internet ke banyak daerah di Indonesia. Akhirnya terjadi rebranding sehingga namanya berubah menjadi indihome hingga sekarang. Selanjutnya layanan yang diberikan juga lebih bervariasi dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Cakupan layanan indihome tersebar di banyak daerah Indonesia. Bisa dibilang layanan ini sudah bisa menjangkau beberapa kawasan desa atau pelosok sehingga masyarakat bisa menggunakan internet dengan lebih mudah dan tidak perlu menuju ke pusat kota.

Pelayanan yang sudah menjangkau seluruh wilayah ini menjadi perhatian penting dari pemerintah mengingat Indonesia masih kalah jauh dengan beberapa negara. Hadirnya internet dan juga layanan digital di beberapa kawasan pelosok dan merata akan meningkatkan SDM yang ada di Indonesia.

Jadi tidak mengherankan jika layanan dari bumi ini sudah menjangkau banyak wilayah bahkan yang sebelumnya tidak memiliki akses internet sama sekali. Apalagi secara harga layanan internet ini bisa dibilang tidak terlalu tinggi sehingga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Batas Pemakaian Wajar (FUP) Indihome

Batas-Pemakaian-Wajar-FUP-Indihome

Satu hal yang harus diperhatikan dengan baik apabila ingin menggunakan layanan internet dari indihome adalah adanya FUP atau sering dikatakan batas pemakaian wajar. Batas pemakaian wajar ini harus ada agar layanan bisa terjaga dengan baik.

Saat memilih paket tertentu biasanya kecepatan yang ditawarkan akan sama dengan apa yang sudah di promosikan. Apabila sudah digunakan hingga beberapa ratus GB biasanya akan menyesuaikan kecepatan karena sudah mencapai batas penggunaan minimum.

Batas pemakaian minimum yang pertama adalah penurunan kecepatan sebesar 25%. Artinya kecepatan yang dimiliki dibandingkan dengan kecepatan awal hanya tersisa 75% saja. Sebagai contoh kecepatan awal yang dimiliki adalah 20 Mbps. Karena sudah mengalami penurunan kecepatannya menjadi 15 Mbps.

Indihome menerapkan dua kali batas penggunaan wajar atau FUP. Setelah memenuhi batas pemakaian wajar yang pertama dan akhirnya mencapai batas pemakaian wajar yang kedua penurunan kecepatan akan dilakukan sehingga hanya tersisa 40%.

Artinya apabila kecepatan atau bendot awal yang dipilih adalah 20 Mbps. Kecepatan hanya akan tersisa sekitar 8 Mbps. Apabila melihat perbandingan ini tentu kecepatannya akan semakin turun sehingga tidak bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Jenis FUP Indihome

Jenis-FUP-Indihome

Jenis FUP indihome berbeda-beda antara paket satu dengan paket yang lain. Itulah kenapa sebelum membeli atau memilih paket ada baiknya untuk melihat daftar dari FUP yang ada di bawah ini.

Jenis Paket FUP 1 FUP 2
20 Mbps 500 GB (15 Mbps) 800 GB (8 Mbps)
30 Mbps 700 GB (22,5Mbps) 1200 GB (12 Mbps)
40 Mbps 900 GB (30 Mbps) 1600 GB (16 Mbps)
50 Mbps 1200 GB (37,5 Mbps) 2000 GB (20 Mbps)
100 Mbps 2000 GB (50 Mbps)

Dengan melihat jenis paket di atas bisa diketahui jika suhu paling rendah adalah 500 GB. Sementara itu yang paling tinggi adalah 2000 GB. Dari batas ini kamu bisa menyesuaikan sendiri kira-kira Paket mana yang akan diambil.

Katakanlah kamu akan mengambil paket yang digunakan untuk membuat cafe atau tempat nongkrong. Karena wi-fi akan digunakan oleh banyak orang jadi jenis kecepatan atau bandwidth yang dipilih harus lebih besar.

Dengan begitu kecepatan bisa menyesuaikan dan batas penggunaan wajar juga masih tinggi. Hindari memilih paket yang lebih kecil karena kecepatannya akan menurun dengan sangat tajam dan seperti tidak bisa dimanfaatkan lagi.

Cara Cek Pemakaian Kuota Indihome

Setidaknya ada empat cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui pemakaian kuota indihome. Untuk mengetahui cara cek pemakaian kuota indihome simak selengkapnya di bawah ini.

1. Menggunakan My Indihome

Menggunakan-My-Indihome

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk melakukan pengecekan kuota indihome adalah dengan memanfaatkan aplikasi My Indihome. Untuk bisa menggunakan aplikasi tersebut simak selengkapnya di bawah ini.

  • Apabila kamu belum memiliki aplikasi ini pada ponsel disarankan untuk melakukan proses download terlebih dahulu dengan menggunakan Play Store apabila pakai Android dan App Store apabila menggunakan iPhone.
  • Setelah melakukan download kamu bisa melakukan login apabila sudah memiliki akun sebelumnya atau register apabila sebelumnya belum ada akun.
  • Setelah melakukan proses login kamu akan masuk ke halaman utama atau home.
  • Untuk melihat jumlah atau sisa dari kuota yang dimiliki bisa mengakses Internet lalu Lihat Rincian.
  • Disana akan terlihat rincian dari kuota yang sudah digunakan dalam satu periode.

2. Pakai Situs Indihome

Pakai-Situs-Indihome

Alternatif lain yang bisa dilakukan untuk melakukan proses pengecekan kuota data adalah dengan memanfaatkan situs dari indihome itu sendiri. Untuk melakukan pengecekan ikuti beberapa langkah berikut.

  • Usahakan untuk masuk terlebih dahulu ke dalam situs indihome.
  • Apabila sudah memiliki akun sebelumnya bisa langsung login dengan memanfaatkan username dan juga password.
  • Jika belum memilikinya bisa melakukan proses pendaftaran terlebih dahulu.
  • Begitu berhasil melakukan login dan Masuk ke halaman utama maka akan langsung terlihat nama anggota dan juga rincian internet yang sudah dipakai.
  • Sisaan FUP atau pemakaian batas wajar akan tersedia di sana.

3. Memanfaatkan SMS

Memanfaatkan-SMS

Apabila tidak mau menggunakan dua cara yang sudah disebutkan di atas. Kamu masih bisa melakukan pengecekan dengan memanfaatkan SMS. Jadi meski pengecekan dilakukan pada HP jadul sekalipun masih bisa jalan dengan baik.

Untuk melakukan pengecekan dengan memanfaatkan SMS ada baiknya untuk mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

  • Buka menu SMS yang ada pada ponsel Android atau ponsel iPhone yang kamu miliki.
  • Setelah itu kamu bisa mengetik format di bawah ini sebelum dikirim ke 98108.

ISP <spasi> IH <spasi> Kode Area + Nomor Telepon IndiHome

  • Setelah formatnya diisi dengan benar bisa langsung dikirim.
  • Dalam beberapa saat akan ada balasan yang berisi tentang kuota yang sudah digunakan.

Karena menggunakan SMS tentu akan ada biaya operator yang akan dipotong. Pastikan nomor yang kamu gunakan sudah memiliki pulsa yang cukup minimal sudah ada Rp5.000 karena akan ada potongan sebesar Rp350 untuk 1 kali transaksi.

4. Pakai Cara Manual

Pakai-Cara-Manual

Cara bacakan terakhir bisa dilakukan secara manual. Kamu bisa mengetahui Berapa jumlah internet yang digunakan dalam satu periode dengan memanfaatkan aplikasi internet. Dengan menggunakan aplikasi ini maka kamu akan mengetahui berapa data yang digunakan dalam periode waktu tertentu.

Cara ini akan memudahkan kamu untuk melakukan pemantauan bahkan untuk pemantauan harian. Jadi akan tahu kira-kira berapa jumlah internet yang digunakan dalam 1 hari atau dalam 1 minggu. Apabila dalam satu hari sudah memakai terlalu banyak maka bisa langsung melakukan penghematan.

Apabila ingin menggunakan cara ini disarankan untuk menggunakan internet sendirian saja. Artinya tidak bisa digunakan dengan orang lain karena apabila dipakai dengan orang lain penghitungan internet tidak akan bisa akurat.

Mengapa FUP Cepat Habis?

Mengapa-FUP-Cepat-Habis

Terkadang seseorang tidak menyadari jika kecepatan internet yang mereka gunakan mengalami penurunan. Mereka selalu melakukan komplain Dan menganggap jika internet yang ditawarkan oleh indihome tidak memiliki kecepatan tinggi dan sering drop.

Padahal bisa saja mereka sudah melebihi batas FUP sehingga kecepatan diturunkan dengan cukup signifikan. Untuk mengetahui Mengapa batas penggunaan wajar sering habis simak beberapa hal berikut.

1. Dipakai Banyak Orang

Alasan pertama mengapa internet mengalami penurunan kecepatan adalah digunakan oleh banyak orang. Mau bagaimanapun internet yang digunakan secara berlebihan akan mencapai batas penggunaan wajar dengan lebih cepat.

Itulah kenapa batasi Pengguna internet yang ada di rumah. Apabila menggunakan indihome pastikan hanya beberapa orang saja yang mengetahui passwordnya. Selain itu pastikan juga hanya orang-orang terpilih saja yang mengetahui dan memanfaatkannya secara wajar.

Terkadang seseorang suka membagi koneksi internet kepada orang lain. Ada apa yang mereka lakukan bisa menurunkan kecepatan. Penurunan kecepatan ini bisa berjalan cukup maksimal sehingga bisa mengganggu aktivitas bekerja ataupun pelajar.

2. Pakai Paket Rendah

Beberapa orang sering sekali mengalami kesalahan dalam pemilihan jenis paket. Mereka memilih jenis paket yang tidak sesuai pada kebutuhan yang dimiliki sangat besar. Katakanlah mereka memilih paket dengan kecepatan atau bandwidth hanya 20 Mbps saja.

Padahal jaringan internet itu akan digunakan untuk bisnis seperti membuka cafe atau menjalankan usaha lainnya. Apabila menggunakan paket yang salah maka kecepatan akan mudah menurun karena digunakan secara berlebihan. Bahkan kurang dari 1 minggu sudah mencapai FUP 2.

Sebelum memilih paket internet pada indihome pastikan terlebih dahulu jenis usaha apa yang sedang dijalankan. Apabila digunakan untuk kebutuhan rumah saja maka kecepatan yang paling rendah sekalipun tidak akan menjadi masalah.

3. Sering Download

Satu hal yang sering dilakukan dan tidak disadari adalah sering melakukan download. Apalagi saat melakukan download kamu memilih file dengan ukuran yang sangat besar. Kemungkinan untuk mencapai FUP sangatlah besar.

Itulah kenapa lebih baik untuk memikirkan terlebih dahulu ketika akan melakukan download file dalam ukuran besar. Kalau sesekali saja kemungkinan besar tidak akan menjadi masalah. Tetapi jika berlebihan bisa saja berbahaya apalagi digunakan untuk kantor.

Pastikan untuk memberikan batasan terlebih dahulu ketika akan melakukan download. Jika tidak maka dalam beberapa hari saja bisa langsung habis. Akhirnya ketepatan mengalami penurunan sehingga kamu tidak akan bisa nyaman dalam menggunakan komputer maupun ponsel.

4. Dibobol

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah adanya orang yang dengan sengaja membobol internet. Zaman sekarang ada banyak sekali orang yang sengaja melakukan proses pembobolan karena tidak mau membayar biaya internet. Jadi mereka menggunakan cara yang licik.

Apabila melakukan proses pembobolan, biasanya pemilik internet tidak akan mengetahui apakah data yang mereka miliki akan dicuri. Jadi, Ada kemungkinan mereka tidak akan mengetahui sehingga mendadak kecepatan internet akan mengalami penurunan dengan sendirinya.

Untuk mengetahui hal ini biasanya seseorang harus melakukan proses pengecekan secara rutin. Apabila ada hal yang merugikan bisa langsung dilaporkan ke pihak yang terkait seperti operator dari Telkom agar segera ditindaklanjuti.

Menjaga Koneksi agar Tetap Stabil

Menjaga-Koneksi-agar-Tetap-Stabil

Untuk menjaga agar koneksi yang dimiliki oleh indihome tetap stabil. Kamu harus melakukan beberapa hal di bawah ini.

1. Membatasi Download

Kamu harus membatasi download terlebih dahulu apabila ingin membuat kecepatan dari indihome berubah stabil. Pembatasan download ini bisa dilakukan untuk 1 hari atau untuk satu minggu. Dalam satu minggu kamu hanya membatasi sekitar 100 GB saja untuk penggunaan.

Selama dalam jangka waktu itu belum mencapai 100 GB maka tidak akan masalah apabila ingin download berbagai jenis file. Apabila lebih dari itu maka disarankan untuk melakukan penghematan atau hanya dipakai untuk sekedar melakukan browsing saja.

2. Membagi Jaringan

Kamu harus bisa membagi jaringan yang digunakan di rumah atau di kantor. Misal dalam satu paket akan dibagi menjadi 2 jaringan dengan kecepatan yang berbeda. Karena menggunakan kecepatan yang berbeda ini kamu bisa memaksimalkan kecepatan untuk jaringan pribadi.

Meski orang lain menggunakan jaringan yang sama tetapi login dengan memanfaatkan akun yang berbeda tidak akan mempengaruhi internet yang digunakan. Jadi metode ini sangat cocok untuk penggunaan di kantor agar semua orang bisa memanfaatkan internet dengan baik.

3. Pengecekan Berkala

Lakukan proses pengecekan secara berkala dengan menggunakan cara cek pemakaian kuota indihome yang sudah dibahas di atas. Dengan menggunakan cara itu maka kamu bisa melakukan proses pengecekan setiap harinya dan mengetahui kira-kira dalam satu hari sudah digunakan berapa GB.

Pengecekan yang dilakukan secara berkala ini akan memudahkan kamu untuk menghemat. Jadi mulai dari awal hingga akhir periode kecepatan internet indihome akan tetap sama dan tidak berubah sama sekali.

4. Pilih Paket Lebih Besar

Terakhir dan tidak kalah penting adalah kamu harus bisa memilih paket dengan benar. Artinya pembelian Paket tidak ada disesuaikan dengan jumlah pengguna saja tetapi juga kebiasaan yang dilakukan oleh semua orang apakah sering melakukan download atau tidak.

Apabila semua orang memiliki kebiasaan untuk download atau melakukan streaming kemungkinan besar internet yang dimiliki akan mudah mengalami penurunan kecepatan. Jadi harus membeli internet dengan kecepatan yang lebih tinggi.

Saat ini indihome memiliki beberapa paket internet atau bandwidth yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kamu bisa memilih sendiri bandwidth akan digunakan sesuai dengan tabel yang sudah dituliskan di atas.

Cara cek pemakaian kuota Indihome sudah dibahas pada ulasan di atas. Intinya dalam melakukan proses pengecekan ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah dengan mengetahui nomor peserta serta sudah memiliki akun pada indihome.

Selain itu kamu juga harus memperhatikan beberapa hal penting seperti bagaimana cara melakukan proses penghematan pada data. Dengan melakukan penghematan ini kamu tidak perlu khawatir apabila ada penurunan kecepatan. Apabila tidak mau pusing dengan FUP bisa memilih jenis raket yang lebih besar.

 

Lihat Juga :

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.