5 Fungsi penting Kondom Yang Harus Diketahui

Ges-r.com5 Fungsi penting Kondom Yang Harus Diketahui. Mungkin Anda dan pasangan bertanya-tanya dilema apakah kondom memiliki manfaat dan berfungsi sebagai alat kontrasepsi yang efektif.

Dari berbagai jenis alat kontrasepsi, kondom adalah yang paling mudah didapat dengan harga yang cukup terjangkau. Jika Anda masih bertanya-tanya, simak manfaat kondom di bawah ini.

Baca juga : Manfaat Minum Susu Ibu Hamil Bagi Remaja

5 Fungsi penting Kondom Yang Harus Diketahui

Kondom telah diproduksi sedemikian rupa untuk keamanan dan kenyamanan pasangan yang sudah menikah selama hubungan seksual.

Namun, tidak dapat dipungkiri, banyak pasangan yang menolak menggunakan kondom karena dianggap dapat mengurangi kenikmatan seksual.

Untuk menjawab kecemasan itu, ada beberapa jenis kondom dengan inovasi masing-masing agar tidak mengurangi kenikmatan seks saat digunakan.

Seperti alat kontrasepsi lainnya, kondom juga memiliki fungsi dan manfaat kesehatan yang bisa anda dapatkan, yaitu:

1. Melindungi terhadap infeksi menular seksual

Hubungan intim adalah salah satu kunci untuk meningkatkan keintiman dengan pasangan.

Bahkan jika Anda menggunakan kondom, Anda masih dapat mempertahankan romansa hubungan intim sambil mencegah penularan penyakit seksual atau kelamin.

Kondom memiliki manfaat melindungi terhadap penyakit menular menular seksual, seperti klamidia, gonore dan HIV.

2. Manfaat dan fungsi kondom untuk mencegah kehamilan

Seperti alat kontrasepsi lainnya, seperti pil KB, cincin vagina dan IUD kontrasepsi, kondom juga memiliki fungsi yang sama untuk mencegah kehamilan.

Menurut NHS, kondom 98% efektif dalam mencegah kehamilan.

Karena itu, Anda dapat menggunakan kondom jika Anda tidak berencana untuk memiliki atau menambahkan bayi dalam waktu dekat.

3. Memberikan perlindungan tambahan

Selain menggunakan kondom, Anda atau pasangan mungkin sudah menggunakan alat kontrasepsi lain dengan fungsi serupa, seperti pil KB atau IUD.

Bahkan, tingkat efektivitas kontrasepsi seperti pil KB tidak diragukan lagi. Namun, tidak ada yang salah dengan fakta bahwa Anda juga menggunakan kondom saat melakukan hubungan seksual.

Oleh karena itu, Anda dan pasangan dapat memperoleh manfaat dalam bentuk perlindungan tambahan selama hubungan seksual dengan kondom.

Ini dapat meningkatkan tingkat efektivitas kontrasepsi lain yang juga digunakan.

4. Lindungi diri Anda dari penularan penyakit lain

Tidak hanya penyakit menular seksual yang mengancam hubungan seksual tanpa kondom. Ada juga beberapa penyakit lain yang dapat ditularkan melalui hubungan seks, seperti infeksi virus Zika.

Anda mungkin sudah tahu bahwa virus Zika ditularkan hanya melalui gigitan nyamuk.

Bahkan, menurut situs Web Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau CDC, virus Zika dapat ditularkan melalui seks vaginal, seks anal, dan seks oral.

Padahal, penyakit ini tetap bisa menular meski hanya memiliki satu pasangan dan tidak pernah berganti pasangan seksual.

Salah satu cara untuk mengurangi risiko penularan virus Zika adalah dengan menggunakan kondom. Ya, penggunaan kondom juga dapat memiliki fungsi mencegah penularan penyakit ini.

5. Ini hanya perlu digunakan selama hubungan seksual

Kebanyakan alat kontrasepsi biasanya harus digunakan dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Misalnya, kontrasepsi suntik harus diberikan setiap 3 bulan, serta pil KB, yang harus diminum selama 28 hari.

Ini tidak berlaku jika Anda memilih kondom sebagai alat kontrasepsi. Kondom hanya boleh digunakan selama hubungan seksual.

Setelah selesai menggunakan, kondom juga bisa segera dibuang. Inilah yang membuat kondom jauh lebih praktis dan mudah digunakan.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.