Apa itu IP dan Bagaimana Cara Menemukan Alamat IP? – immaku.com

Immaku.com~ Alamat IP ialah salah satu istilah yang paling umum digunakan di dunia teknologi ketika ini. Internet telah menjadi bagian mendasar dari kehidupan setiap orang, dan alamat IP ialah bagian penting dari Internet.

Kami menjelaskan apa itu alamat IP, untuk apa, dan bagaimana Anda mampu mengetahui alamat PC Anda.

Apa itu IP Publik dan IP Privat?

IP ialah singkatan dari “Protokol Internet.” IP ialah protokol komunikasi Internet yang memungkinkan untuk menelusuri semua konten yang tersedia di seluruh dunia.

Kami dapat menganggap IP sebagai kartu identitas yang mengidentifikasi Anda saat Anda terhubung ke jaringan tetapi melangkah lebih jauh mirip yang akan kita lihat di bawah.

Detail harus dibuat antara IP publik dan IP privat. IP publik ialah kode identifikasi yang diberikan kepada Anda oleh penyedia Internet Anda dan berfungsi untuk mengidentifikasi setiap pengguna dengan tegas.

Setiap IP publik ialah unik dan tidak dapat diulang. IP publik dapat diperbaiki atau dinamis, perbedaannya ialah bahwa yang terakhir berubah seiring waktu.

IP publik ialah yang terkait dengan masing-masing alamat web yang kami tulis di browser. Misalnya, ketika Anda mengetik ‘www.google.com’ , browser secara otomatis mengarahkan Anda ke alamat IP yang ditetapkan untuk domain tersebut. Server DNS bertanggung jawab untuk membuat terjemahan ini benar-benar transparan bagi pengguna.

Cara Mengetahui IP Komputer Anda

Mengetahui IP publik komputer Anda sangat sederhana. Anda hanya perlu membuka salah satu dari sekian banyak situs web yang ada untuk melihat data ini.

Mereka semua bekerja terlepas dari sistem operasinya; oleh sebab itu, Anda dapat menggunakannya dengan Windows, Linux, Mac, Android, iOS, dan perangkat apa pun dengan akses jaringan dan browser.

Untuk IP eksklusif, mendapatkannya juga sangat sederhana, meskipun dalam kasus ini, kami akan menggunakan alat Windows 10 untuk menerima data.

Hal pertama yang harus dilakukan ialah membuka jendela perintah cmd; Anda dapat melakukannya dari menu Start sistem operasi.

Setelah ada konsol perintah cmd, kami akan menggunakan perintah “ipconfig” untuk melihat semua data yang terkait dengan koneksi Internet Anda. Nilai yang ingin kita ketahui dalam hal ini ialah “alamat IPv4”.

Begitulah cara mudah mengetahui IP publik dan IP privat, yang akan berkhasiat bagi Anda di lebih dari satu kesempatan.

Ingatlah bahwa Anda dapat membagikan kiriman di jejaring sosial kalau Anda mau, dengan cara ini Anda dapat membantu lebih banyak pengguna yang membutuhkannya.

Epilog

Demikian pembahasan kali ini yang dapat admin sampaikan kepada kalian semua terkait Apa itu IP dan Bagaimana Cara Menemukan Alamat IP? Sekian dan Terimakasih.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.