Berbagai Jenis Investasi Saham yang Wajib Diketahui


produktienssyariah.com – Berbagai Jenis Investasi Saham yang Wajib Diketahui – Investasi saham menjadi sebuah instrumen yang cukup diminati hingga saat ini. Tentu dengan alasan yang sederhana, terlebih jika bukan karena keuntungan yang dimilikinya sangat signifikan.

Bahkan, modal yang dibutuhkan untuk melakukan pembelian 1 lot saham cukup terjangkau dikalangan masyarakat. Sebelum melakukan investasi ini, kalian perlu mengetahui tentang dasar-dasar bagaimana cara bermain saham.

Dasar-dasar dalam investasi saham ini sangat penting supaya bisa mengurangi kerugian yang bisa terjadi ketika melakukan proses jual beli saham. Selain itu pemahaman mengenai jenis saham juga harus dimiliki sehingga tidak salah melakukan pembelian.

Jenis Investasi Saham

Berikut beberapa jenis yang harus kalian ketahui agar bisa melakukan keputusan pembelian dengan tepat, simak di bawah ini.

1. Saham Blue Chip

Saham blue chip merupakan jenis investasi saham yang paling banyak diminati. Saham ini dipercaya mempunyai nilai ROI atau Return of Investment yang cukup stabil. Biasanya, jenis saham ini memiliki kendali tinggi di sektornya.

Dengan kendali tinggi ini, saham blue chip memang begitu mencolok jika dibandingkan dengan yang lain. Dilihat dari segi fluktuasi, jenis saham ini tidak mengalami fluktuasi tajam. Pertumbuhan yang dimilikinya pun tidak begitu tajam namun setiap tahunnya terus meningkat.

2. Saham Bersiklus

Sesuai dengan namanya, saham bersiklus memiliki sistem pertumbuhan sesuai dengan waktunya masing-masing. Bila siklus sedang positif, harga saham bisa mengalami peningkatan secara perlahan.

Biasanya, saham bersiklus ini tidak dipengaruhi oleh kondisi ekonomi, baik ekonomi nasional maupun ekonomi global. Bahkan, ketika terjadi resesi, nilai dari saham tersebut bisa melonjak tinggi.

3. Saham Bertumbuh

Saham bertumbuh adalah jenis investasi saham yang memiliki nilai pertumbuhan tertinggi jika dibandingkan dengan jenis lain dalam sebuah sektor. Pertumbuhan saham disebabkan oleh tingginya permintaan masyarakat dari saham tersebut.

Dengan tingginya permintaan masyarakat mengenai jenis saham tersebut, tentu saja saham ini bisa memberi return yang lebih maksimal. Ciri dari jenis saham ini yaitu mempunyai laba bersih yang mengalami peningkatan setiap tahunnya.

4. Saham Definsif

Saham definsif adalah salah satu jenis saham yang memiliki tingkat pertumbuhan juga pendapatan yang stabil, penyebabnya karena adanya permintaan dengan terus menerus yang terjadi pada sebuah produk, sehingga harganya akan stabil.

Semua jenis saham tentunya mempunyai karakteristik masing-masing. Pilih jenis investasi saham yang bisa dikelola secara mandiri, tentu kamu harus mengetahuinya sebelum terjun ke dalam dunia jual beli saham.

5. Saham Musiman

Saham musiman ialah jenis saham kenaikan atau penurunannya yang disebabkan oleh musim. Contohnya ketika tiba saatnya liburan, saham perhotelan mengalami kenaikan, atau ketika lebaran, saham di bidang konsumsi juga mengalami kenaikan.

Saat musim tersebut sudah habis, maka harga saham bisa mengalami penurunan secara perlahan. Penurunan yang terjadi biasanya tidak terjadi dengan signifikan karena ada peningkatan lagi ketika terjadi permintaan produksi.

Akhir Kata

Mungkin hanya itu saja informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pembahasan tentang Berbagai Jenis Investasi Saham yang Wajib Diketahui, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, terimakasih.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.