Cara Bisnis Laundry Sepatu

Bisnis laundry telah meledak dalam beberapa tahun terakhir. Peluang untuk meraih kesuksesan dalam bisnis ini semakin kecil karena banyaknya pesaing. Jika Anda ingin berkecimpung di bidang jasa laundry, cobalah bidang yang lebih khusus, seperti bisnis laundry sepatu.

Mengapa Anda harus mencuci sepatu Anda? Sepatu merupakan salah satu alas kaki yang paling banyak digunakan setelah sandal. Sepatu digunakan dalam kegiatan sehari-hari seperti sekolah, kuliah dan bekerja.

Seperti halnya alas kaki, sepatu juga sangat rentan kotor. Sepatu kotor lebih sulit dicuci daripada pakaian, orang membutuhkan solusi cepat dan mudah untuk membersihkan sepatu. Jadi menjalankan jasa laundry sepatu adalah jawabannya.

Apakah Anda tertarik dengan kegiatan ini? Silakan baca ulasan BukuWarung berikut dengan seksama.

Namun sebelumnya Anda bisa membaca kisah pengusaha laundry sepatu Mas Adjo (Refaldi Fauzi) di bawah ini.

Persiapan Menjalankan Bisnis Cuci Sepatu

Bisnis akan berhasil jika Anda memulai dengan persiapan yang matang. Tanpa perencanaan dan persiapan, bisnis akan terus beroperasi tetapi penuh dengan risiko. Tingkat kegagalan akan jauh lebih tinggi. Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk menjalankan bisnis cuci sepatu.

1. Menganalisis Prospek Bisnis

Pencarian pelanggan potensial adalah langkah pertama yang harus dilakukan. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa bisnis yang ingin Anda kelola diterima oleh masyarakat. Jalankan survei dan analitik sederhana untuk melihat bagaimana calon pelanggan merespons. Perhatikan orang-orang di sekitar Anda, pastikan mereka layak menjadi konsumen jasa cuci sepatu. Umumnya pelanggan dari layanan ini adalah pelajar, anak sekolah dan pekerja. Jika tidak banyak orang dengan pekerjaan ini di daerah Anda, Anda harus pindah ke daerah lain.

2. Perlengkapan Usaha

Setelah menganalisis prospek bisnis dan memastikan bisnis Anda berpotensi untuk sukses, langkah selanjutnya adalah menyiapkan berbagai alat untuk bisnis tersebut. Apa yang dibutuhkan untuk memulai bisnis laundry sepatu? Berikut adalah:

  • Tempat untuk memulai usaha yang dapat menampung mesin cuci.
  • Lahan untuk menjemur sepatu
  • Rak sepatu
  • Rak untuk peralatan
  • Perlengkapan pendukung lainnya

Segala perlengkapan usaha tersebut di atas perlu dipersiapkan untuk kelancaran usaha.

3. Pembelian Mesin Cuci

Persiapan ketiga adalah menentukan mesin cuci yang akan dibeli. Perhatikan jenis mesin cuci dan harga yang sesuai dengan jumlah modal Anda.

Jenis mesin cuci sepatu berbeda dengan mesin cuci pakaian. Jangan gunakan mesin cuci untuk sepatu karena dapat merusak sepatu.

Anda bisa mendapatkan mesin cuci sepatu khusus dengan harga mulai dari Rp 2 jutaan. Agar lebih praktis, carilah mesin yang dilengkapi dengan pengering secara bersamaan.

Untuk memulai, cukup beli mesin cuci. Anda bisa menambah jumlah mesin saat bisnis mulai berjalan lancar.

Jangan lupa untuk memperhatikan kualitas mesin cuci saat Anda akan membelinya. Akan lebih baik jika Anda membeli mobil dengan garansi.

4. Mempersiapkan Peralatan Cuci Sepatu

Mesin cuci sudah dibeli, apa lagi yang harus saya persiapkan? Selanjutnya, Anda perlu menyiapkan peralatan dan bahan kimia untuk membersihkan sepatu.

Setiap sepatu milik pembeli terbuat dari bahan yang berbeda, seperti kulit, kanvas, beludru, suede, dll. Bahan yang berbeda membutuhkan alat yang berbeda untuk membersihkannya. Oleh karena itu, perlu juga menyiapkan beberapa peralatan yang berbeda.

Teknik mencuci sepatu juga dibagi menjadi 3 jenis, yaitu pembersihan basah (wet cleaning), pembersihan kering (dry cleaning) dan kombinasi. Anda perlu menyiapkan bahan dan alat berikut ini.

  • Wet clean : water atau air, parfum, neutralizer, cleaner, surfaktan, dan anti bacterial.
  • Dry clean : neutralizer, anti bacterial, shoes screaner, dan parfum
  • Combination : botol semprot ukuran sedang, spons khusus suede, karet penghapus, kain microfiber, kuas halus, sikat kasar, dan sikat halus.

Tips Memulai Bisnis Laundry Sepatu

Memulai bisnis cuci sepatu tidaklah sulit apalagi jika sudah melakukan beberapa persiapan sebelumnya. Berikut beberapa tips bisnis agar bisnis laundry sepatu Anda berjalan lebih baik.

1. Memiliki Pengetahuan Merawat Sepatu

Telah dikatakan di atas bahwa sepatu memerlukan perhatian khusus tergantung pada jenis bahannya. Sebelum terjun ke bisnis cuci sepatu, Anda perlu mempelajari cara merawat sepatu yang terbuat dari berbagai bahan. Pemantauan dan pelatihan khusus bila diperlukan.

Menghindari kerusakan sepatu pelanggan karena penggunaan yang tidak tepat. Jika ini terjadi, Anda akan kehilangan dan kehilangan kepercayaan pelanggan secara material. Anda tidak ingin itu terjadi, bukan?

Saat merekrut karyawan atau pekerja, pastikan calon karyawan memiliki pengetahuan dan keterampilan merawat sepatu. Sebelum mempekerjakan seseorang, lakukan tes untuk memastikan kemampuannya.

2. Memilih Bahan dan Alat

Selalu dikaitkan dengan perawatan sepatu, setiap bahan membutuhkan bentuk perawatan yang berbeda. Perbedaan ini terletak pada teknik pembersihan, bahan kimia yang digunakan dan peralatan yang dibutuhkan.

Temukan dan beli alat dan bahan yang Anda butuhkan untuk membersihkan sepatu dengan sepengetahuan Anda. Untuk memulai bisnis, pertama-tama sediakan peralatan untuk bahan alas kaki konvensional.

3. Menggunakan Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran akan menentukan sukses tidaknya suatu bisnis. Strategi pemasaran yang baik harus diterapkan dalam setiap bisnis, baik itu perusahaan mikro, kecil, menengah atau besar.

Target pasar untuk sektor cuci sepatu terdiri dari anak sekolah, pelajar dan pekerja. Orang-orang dalam kelompok ini umumnya lebih sering menggunakan media sosial. Promosi di platform media sosial akan lebih efektif dalam mendapatkan pelanggan.

4. Berikan lebih banyak layanan

Kunci untuk mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama adalah layanan. Usaha cuci sepatu termasuk dalam kategori usaha jasa. Oleh karena itu, pelayanan yang baik merupakan kunci keberhasilan. Memberikan layanan pelanggan terbaik. Menyapa pelanggan dengan sikap ramah, memposisikan pelanggan sebagai raja yang harus dilayani dengan sepenuh hati. Bersihkan sepatu Anda dengan cara terbaik. Jika perlu, beri penghargaan kepada pelanggan yang paling sering mengunjungi Anda.

Keuntungan Bisnis Laundry Sepatu

Layanan umum yang diberikan oleh jasa laundry sepatu antara lain quick clean, deep clean, special treatment, whitening sepatu putih, finishing dan leather care. Setiap layanan dihargai berbeda, mulai dari Rs 25.000 hingga Rs 200.000.

Jika ditangani dengan baik, pendapatan dari bisnis cuci sepatu cukup tinggi. Kami menghitung dengan asumsi berikut.

  • Biaya jasa untuk semua layanan laundry memiliki harga Rp 25.000 hingga Rp 200.000.
  • Asumsikan toko Anda buka setiap hari, jadi 30 hari dalam satu bulan.
  • Asumsikan bahwa Anda mendapatkan pelanggan minimal 20 orang per hari.
  • Omzet yang akan Anda dapatkan berkisar antara Rp 15.000.000 hingga Rp 120.000.000 per bulan.
  • Asumsikan bahwa keuntungan bersih yang didapatkan adalah 25%, maka pendapatan bersih per bulan sekitar Rp 3.700.000 hingga Rp Rp 30.000.000.

Ketika bisnis yang Anda jalankan mulai stabil dan pelanggannya semakin banyak, Anda bisa mencoba franchise bisnis ini. Temukan investor potensial untuk mengembangkan bisnis Anda. Dengan sistem franchise, bisnis Anda akan semakin dikenal masyarakat.

Apakah Anda siap untuk memulai bisnis laundry sepatu? Lakukan perencanaan sekarang dan segera wujudkan impian Anda menjadi seorang pengusaha.


Post Views:

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.