Cara Mengenal Diri Sendiri Lebih Baik

Immaku.com – Hello everyone, pembahasan yang akan Anda simak dari pembahasan kami tentang Cara Mengenal Diri Sendiri Lebih Baik.

Banyak dari kita dapat menyebutkan makanan, buku, dan pertunjukan favorit kita. Tapi kita mungkin kurang cenderung memiliki kesadaran diri yang lebih dalam – jenis yang menghubungkan titik-titik antara masa lalu dan masa kini atau menangkap bagaimana emosi kita dapat membimbing perilaku kita.

Terkadang, ketika hidup menjadi sangat stres atau sibuk — seperti sekarang ini — kita mungkin mengalami transformasi yang luar biasa. Atau, kita mungkin terputus dari diri kita sendiri dan kehilangan pengetahuan kita yang lebih dalam.

Either way, Anda dapat mengambil ini sebagai kesempatan untuk mengeksplorasi siapa Anda hari ini dengan latihan yang luas ini.

Mengapa mengenal diri sendiri itu penting?

Sebelum kita terjun ke latihan untuk mencoba, akan sangat membantu untuk memahami mengapa mengenal diri kita lebih baik sama pentingnya dengan mengetahui obat mana yang kita telan atau di mana harus meletakkan gas versus minyak di kendaraan kita.

Berikut adalah beberapa alasan terbesar:

  1. Merespon kehidupan dengan lebih efektif.
  2. Tidak membiarkan emosi yang belum terselesaikan tanpa disadari mendikte tindakan kita.
  3. Menciptakan kehidupan yang benar-benar kita inginkan.

Cara belajar lebih banyak tentang diri sendiri

1. Buat jurnal mimpi

mimpi Anda sering kali menjadi misteri, atau sekadar aneh — tetapi itulah intinya. “Dengan sadar memberikan ruang dan waktu untuk apa yang mungkin tidak sepenuhnya Anda pahami dapat menjadi cara yang ampuh untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih dalam tentang diri Anda sendiri.

Baca juga : Bisnis Investasi Jangka Panjang di Jamin Masa Tua Sukses dan Bahagia

Selama tidur, pikiran kita mungkin bekerja melalui situasi sulit. Emosi kita mungkin terungkap dalam batas aman mimpi kita.

2. Periksa reaksi Anda

“Menyadari diri fisik Anda dan bagaimana ia merespons dunia di sekitar Anda dapat memberikan informasi berharga tentang kehidupan batin Anda yang lebih dalam,” kata Martinsen.

Mengapa?

Tubuh kita juga menyimpan wawasan – seringkali tanpa kesadaran kognitif kita, katanya.

Menurut Martinsen, setiap kali Anda memiliki sensasi fisik yang kuat, alih-alih langsung bereaksi, Anda dapat berhenti sejenak dan mungkin bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan ini:

  • Apa sebenarnya yang saya rasakan di tubuh saya?
  • Ketika saya mengalihkan perhatian saya ke diri fisik saya, perasaan apa yang saya perhatikan?
  • Apa yang dikatakan atau apa yang terjadi sebelum reaksi saya?
  • Apa yang mungkin terasa akrab dari masa lalu saya?
  • Apa yang saya butuhkan dan bagaimana saya ingin didengar?

3. Bayangkan hari yang sempurna Anda

Luangkan waktu untuk memikirkan apa yang berarti bagi Anda — dan mengapa. Hari ideal Anda mungkin sesuatu yang terjadi di masa lalu atau sesuatu yang Anda inginkan terjadi, kata Ginger Houghton, psikoterapis dan pemilik Bright Spot Counseling di Farmington Hills, Michigan.

Bayangkan hari Anda yang memuaskan dari pagi hingga malam, jelajahi pertanyaan-pertanyaan ini, kata Houghton:

  • Bagaimana perasaan Anda saat bangun tidur?
  • Ritual apa yang Anda praktikkan? Siapa yang kamu lihat?
  • Apa yang Anda cium, cicipi, dan dengar? Bagaimana kamu menjalani harimu?
  • Bagaimana perasaan Anda sepanjang hari?
  • Sebelum tidur, apa yang Anda rasakan saat merenungkan hari Anda?
  • Mengapa ini hari yang memuaskan bagi Anda?

4. Merenungkan

Cara lain untuk memikirkannya? Cukup duduk dengan diri sendiri. Menurut Hulin, “Meditasi adalah tentang berada dengan kebenaran dari pengalaman kita. Ini adalah praktik untuk bisa bersama diri kita sendiri sebagai siapa, di mana, dan bagaimana kita sebenarnya pada saat itu, tanpa penghakiman.”

Meskipun tidak mudah, bermeditasi secara teratur (bahkan hanya beberapa menit) dapat menormalkan latihan untuk Anda dan membantu Anda menuai hasil introspeksi.

Jika Anda baru mengenal meditasi, mungkin bermanfaat untuk mencoba latihan terpandu:

  • Aplikasi meditasi adalah tempat yang bagus untuk memulai. Mereka membawa Anda melalui langkah-langkah awal mengembangkan latihan dan membantu Anda menjadikannya kebiasaan.
  • Meditasi terbimbing self-compassion menawarkan berbagai petunjuk yang menguatkan untuk memfokuskan latihan meditasi Anda.



Post Views:
1

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.