Cara Mengubah Kuota Edukasi Menjadi Kuota Utama All Operator – immaku.com

Untuk kamu pelajar ataupun mahasiswa yang belum tahu cara mengubah kuota edukasi menjadi kuota utama maka simak pembahasan artikel ini.

Akibat dari pandemi covid-19 yang tak kunjung usai ini membuat kegiatan belajar mengajar harus dilakukan di rumah saja.

Semua tenaga pengajar maupun pelajar belum diizinkan kembali untuk melakukan kegiatan pembelajaran di sekolah karena bisa meningkatkan penyebaran corona.

Dengan adanya kebijakan tersebut, banyak pelajar yang mengeluh kendala jaringan ataupun pemakaian kuota yang terlalu boros.

Walaupun ada beberapa daerah yang sudah melakukan pembelajaran tatap muka tetapi sebagian besar masih dilakukan secara online.

Untuk itu pemerintah memberikan subsidi kuota gratis bagi pelajar SD hingga mahasiswa untuk menunjang kebutuhan kegiatan belajar online.

Pemerintah mendistribusikan kuota gratis kepada seluruh pelajar tanpa terkecuali selagi nomor telepon sudah terdaftar di pusat.

Besarnya kuota yang diberikan pun beragam ada yang 10 GB hingga yang paling besar adalah sekitar 30 GB untuk satu bulan.

Namun, kuota yang diberikan oleh pemerintah tersebut hanya bisa diakses untuk konten atau aplikasi edukasi saja dan tidak semua aplikasi bisa diakses dengan kuota tersebut.

Dengan kata lain aplikasi yang bisa diakses dengan menggunakan kuota tersebut adalah aplikasi yang sekiranya menunjang proses pembelajaran secara online.

Tentunya hal itu sangat disayangkan oleh para pelajar karena banyaknya kuota yang diberikan tidak bisa diakses untuk semua hal.

Nah, disini kami akan berbagai informasi kepada sahabat sekalian terutama yang masih pelajar tentang cara mengubah kuota edukasi menjadi data utama.

Terlebih lagi ini sudah masuk tahun ajaran baru dan biasanya kuota pendidikan sudah mulai didistribusikan kembali kepada seluruh siswa ataupun mahasiswa.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya mengenai cara mengubah kuota edukasi menjadi data utama, simak pembahasan berikut ini.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Uang Dari Marketglory

Apa Itu Kuota Edukasi Kemendikbud?

Kuota Edukasi adalah program pemberian paket internet kepada guru, dosen, mahasiswa, dan siswa agar bisa digunakan untuk mengakses aplikasi atau platform pembelajaran dari rumah.

Program pemberian paket internet ini diadakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai bantuan untuk pelajar dan tenaga pengajar.

Akibat dari pandemi yang tak kunjung mereda membuat kegiatan belajar mengajar belum bisa dilakukan secara tatap muka di sekolah.

Sejak ada warga Indonesia yang terkena virus covid-19 lalu menyebar dan saat ini pun masih banyak yang terpapar virus tersebut.

Untuk menekan penyebaran covid-19 maka pemerintan mengeluarkan aturan agar masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah.

Hal itu bertujuan agar tidak terjadi kerumunan yang bisa menyebabkan tingkat penyebaran virus corona ini begitu cepat.

Oleh karena itu, kegiatan belajar mengajar pun tidak bisa dilakukan di sekolah dan terpaksa harus dilakukan secara daring.

Dengan adanya kuota edukasi ini, beban tenaga pengajar ataupun pelajar dalam membeli paket internet menjadi berkurang.

Kuota edukasi ini terbagi atas kuota edukasi reguler dan kuota khusus dimana jenis kuota tersebut memiliki fungsi yang berbeda.

Kuota reguler adalah kuota yang bisa kamu gunakan untuk mengakses semua aplikasi tanpa terkecuali baik itu sosial media ataupun game.

Sedangkan kuota khusus adalah kuota yang hanya bisa digunakan untuk mengakses aplikasi yang sekiranya mendukung proses pembelajaran.

Dari besarnya kuota yang diberikan hampir seluruhnya masuk ke dalam kuota khusus sehingga kuota reguler tidak terlalu banyak.

Namun, apakah kuota khusus edukasi tersebut bisa diubah menjadi kuota reguler? Nah, temukan jawabannya di pembahasan selanjutnya.

Kuota Edukasi Dan Kuota Reguler

Kuota Edukasi Dan Kuota Reguler

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa kuota edukasi ini terbagi menjadi dua jenis yaitu kuota reguler dan kuota khusus.

Besarnya kuota yang diberikan oleh Kemendikbud kepada tenaga pengajar dan pelajar itu berbeda dan disesuaikan sesuai jenjang pendidikan.

Dari mulai jenjang pendidikan dasarr hingga menengah atas besarnya kuota internet yang diberikan mencapai 35 GB yang terbagi menjadi kuota reguler dan khusus.

Begitu pula dengan jenjang pendidikan perguruan tinggi besarnya kuota yang diberikan bisa mencapai 40 hingga 50 GB.

Bisa dibilang 90% dari jumlah kuota tersebut hanya bisa diakses untuk aplikasi yang sekiranya dipakai untuk menunjang proses pembelajaran.

Dimana kita hanya bisa menggunakan kuota tersebut untuk mengakses aplikasi seperti WhatsApp, Youtube, Zoom, Google Classroom, dll.

Kita tidak bisa memakai kuota tersebut untuk berbagai aplikasi sosial media seperti Instagram, Tiktok, Twitter, ataupun aplikasi game.

Hal tersebut sangat disayangkan karena terkadangan jumlah kuota khusus yang diberikan itu belum sepenuhnya dipakai.

Nah, mungkin juga banyak di antara kita yang bertanya-tanya apakah kuota edukasi ini bisa diubah menjadi data utama seluruhnya?

Disini admin Immaku.com akan mencoba membantu sahabat sekalian untuk menjawab pertanyaan tersebut melalui pembahasan berikut.

Cara Mengubah Kuota Edukasi Menjadi Kuota Utama

Cara Mengubah Kuota Edukasi Menjadi Kuota Utama

Untuk kamu yang ingin mencoba mengubah kuota edukasi menjadi kuota utama maka bisa menggunakan aplikasi ataupun tanpa aplikasi.

Namun, disini admin akan berbagi informasi kepada sahabt sekalian mengenai cara mengubah kuota edukasi menjadi kuota utama dengan bantuan aplikasi.

Semua operator internet seperti Tri, XL, Indosat, Telkomsel, dan yang lainnya bisa diubah kuota edukasinya menjadi kuota utama dengan aplikasi ini.

Aplikasi Pishipon Pro

Aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengubah kuota edukasi menjadi kuota utama yaitu Pishipon Pro yang sudah tersedia di Google Playstore.

Dengan menggunakan aplikasi ini maka kamu bisa dengan mudah mengubah kuota edukasi yang ada di HPmu menjadi kuota utama.

Langsung saja, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengubah kuota edukasi menjadi kuota utama dengan Pishipon Pro.

  • Pertama, pastikan bahwa kamu sudah “download aplikasi Pishipon Pro” melalui Google Playstore.
  • Sebelum itu kamu juga harus memastikan bahwa telah mendapat bantuan kuota dari Kemendikbud.
  • Lalu aktifkan kuota edukasi yang diberikan oleh Kemendikbud dan “buka aplikasi Pishipon Pro”.
  • Kemudian beri tanda centang pada kolom “Disable times out for slow networks”.
  • Setelah itu di bagian opsi menu home pilih tulisan “P” yang memiliki arti start.
  • Dan apabila berhasil maka kamu akan diarahkan langsung ke browser.
  • Untuk memastikan apakah berhasil maka kamu bisa mencari informasi apapun melalui Google dan apabila terbuka maka tandanya berhasil.

Nah, itu dia langkah-langkah untuk mengubah kuota edukasi menjadi kuota utama menggunakan aplikasi tambahan Pishipon Pro.

Baca Juga : Paket Nelpon Telkomsel Murah

Risiko Mengubah Kuota Edukasi Menjadi Kuota Utama Dengan Aplikasi

Risiko Mengubah Kuota Edukasi Menjadi Kuota Utama Dengan Aplikasi

Pada dasarnya kuota yang diberikan oleh Kemendikbud hanya bisa diakses untuk aplikasi atau platform yang sekiranya menunjang pembelajaran.

Apabila kamu memiliki keinginan untuk mengubah kuota edukasi tersebut menjadi kuota utama melalui aplikasi tambahan maka ada risiko yang perlu ditanggung.

Adapun risiko-risiko yang bisa saja terjadi dan harus kamu tanggung apabila menggunakan aplikasi ketiga untuk mengubah kuota edukasi adalah sebagai berikut.

  • Akses internet akan diblokir oleh pihak aplikasi ketiga.
  • Operator seluler bisa memblokir akses internet perangkatmu.
  • Harus selalu perbarui config karena bisa jadi setiap config memiliki masalah atau bug di waktu tertentu.
  • Nomor telepon yang ada di dalam perangkatmu tidak bisa lagi untuk mengakses internet.

Nah, itu dia beberapa risiko yang bisa terjadi apabila kamu mengubah kuota edukasi ini menjadi kuota utama dengan aplikasi.

Alangkah baiknya jika gunakan saja kuota edukasi tersebut semaksimal mungkin untuk mengakses semua platform atau aplikasi yang memungkinkan.

Jadi, kamu tidak akan merasa rugi karena sisa kuota edukasi yang kamu miliki masih banyak karena setiap bulan akan tetap diberikan.

Penutup

Demikianlah pembahasan kita pada kali ini mengenai cara mengubah kuota edukasi menjadi kuota utama yang bisa admin sampaikan.

Manfaatkan dengan sebaik-baiknya bantuan paket internet yang diberikan oleh pemerintah karena hal itu tidak terjadi selamanya.

Semoga penjelasan yang kami berikan di dalam artikel ini bisa bermanfaat dan dapat dimengerti khususnya bagi orang yang membaca.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.