Google, Facebook cs yang Belum Daftar PSE Siap-siap Diblokir – immaku.com

Immaku.com– Google, Facebook cs yang Belum Daftar PSE Siap-siap Diblokir– Kementrian komunikasi dan informatika kini mewajibkan penyelanggara sistem Elektronik (PSE) lingkup privasi baik domesik dan asing agar bisa terdaftar.

Kementerian Komunikasi dan Informatika mewajibkan Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) lingkup privat baik domestik dan asing agar harus terdaftar. Ternyata banyak PSE asing besar yang sampai saat ini belum terdaftar, termasuk Google, Facebook, WhatsApp, dan masih banyak lagi.

Juru bicara kementrian kominfo Dedy Permadi mengatakan bahwa saat ini sudah ada 4.540 PSe lingkup privat terdaftar, yang dimana jumlah PSE asing yang terdaftar baru 68.

Dari 86 PSE tersebut ada platfrom yang popular di maysarakat Indonesia dan bahkan sudah terdaftar baru Tikto dan Linktree saja ya.

“Untuk PSE lingkup privat asing, per pagi ini sudah di cek baru ada Tiktok dan LinkTree yang kini melakukan pendaftaran. Jadi baru ada dua PSE asing besar yang sudah melakukan pendaftaran,” Ujar Dedy dalam konferensi pers Kominfo di jakarta, Rabu (22/6/2022)

“Kemudian ada domestik, nasional itu ada beberapa yang sudah melakukan pendaftaran yang dikenal oleh publik di antaranya Bukalapak, Tokopedia dulu mendaftar sebelum merger dengan GoTo. GoTo nya sendiri memang sudah melakukan pendaftaran, kemudian ada Traveloka, J&T dna Ovo, itulah yang besar-besar yang kini sudah melakukan pendaftaran.

Dedy ini secara spesifik memang tidak menyebut nama Google, Facebook, WhatsApp dan PSE besar lainnya. Namun nama-nama platfrom besar tersebut memang belum terdaftar.

Kominfo itu sendiri memasnag tenggat waktu pendaftaran PSE lingkup privat pada 20 juli 2022, enam bulan setelah sistem OSS-ARB berlaku seara efektif pada 21 Januari 2022. Jika setelah 20 Juli 2022 Google, facebook dan lainnya masih belum mendaftar siap-siap akan di putusnya aksesnya.

Setelah tenggat waktunya tersebut, kominfo akan mengindentifikasi PSE yang kini belum melakukan pendaftaran. Selanjutnya, kominfo ini akan berkoordinasi dengan kementrian lembaga terkait yang menjadi pengampau sektor tersebut, karena sesuai dengan klasifikasi baku lapangan Indonesia (KBLI).

Akhir Kata

Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan untuk kamu mengenai Google, Facebook cs yang Belum Daftar PSE Siap-siap Diblokir, semoga bisa bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.