Jazakallah Artinya – Jazakillah, Jazakumullah Khairan Katsiraa

Jazakallah Artinya apa? Apa jawaban atau balasan ucapan jazakallah? Apa keutamaan mengucapkan Jazakallahu khairan katsiraa? Nah, untuk itu langsung saja simak penjelasan kami mengenai Materi Agama Jazakallah Artinya dan Jazakillah, Jazakumullah, Jazakunallah, Jazakamallah dan Jawabannya serta keterangan lainnya lengkap di bawah ini.

Jazakallah Artinya

Arti Jazakallah

Ucapan “Jazakallah, Jazakallahu khairan, Jazakallahu khairan katsiraa Jazakumullah, Jazakillah, Jazakamallah, Jazakunallah, Syukron, dan Barakallahu” sudah bukan ungkapan yang asing lagi di telinga masyarakat Indonesia.

Ucapan-ucapan yang demikian itu sudah banyak digunakan di kalangan Umat Islam di Indonesia, terlebih di kalangan santri tapi tak hanya di kalangan khusus saja, masyarakat umum juga sudah banyak yang menggunakan kalimat tersebut.

Namun tak sedikit pula yang belum mengetahui artinya meskipun kata-kata tersebut sudah sering kita dengar. Lalu, jazakallah artinya apa?

Jazākallāh / Jazākallāhu Khairan adalah istilah yang digunakan sebagai ungkapan syukur kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Sebagaimana Rasulullah Shalahhau Alaihi Wassalam bersabda:

Dalil / Hadist :

“Barangsiapa yang diberikan perbuatan kebaikan kepadanya lalu dia membalasnya dengan mengatakan Jazaakallah khairon, maka hal itu telah mencukupi dalam menyatakan rasa syukur nya.” [HR. Tirmidzi]

Jazakallah Artinya

Jazakallah (Bahasa Arab ; جَزَا كَ الله) artinya “semoga Allah membalasmu / memberi / menambahkan, ”,

Selengkapnya :

1. “Jazakallah Khairan Katsiiraa (Arab ; جَزَا كَ الله خَيْرًا كَثِيْرًا )” (ك ka)

Artinya: “Semoga Allah Membalasmu dengan kebaikan yang banyak” (kepada ikhwan / laki-laki)

2. “Jazakillah Khairan katsiiraa (Arab ; جَزَا ك الله خَيْرًا كَثِيْرًا ) (ك ki)

Artinya : “Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan yang banyak”, (kepada akhwat / wanita)

3. “Jazakumullah Khairan Katsiiraa (Arab ; جَزَا كُمُ الله خَيْرًا كَثِيْرًا )” ( كم kum )

Artinya : “Semoga Allah Membalas kalian dengan kebaikan yang banyak”.
(kepada laki-laki jamak / lebih dari satu laki-laki)

4. “Jazakunallah Khairan Katsiiraa (Arab ; جَزَا كن الله خَيْرًا كَثِيْرًا ) (كن-Kun):

Artinya : “Semoga Allah Membalas kalian dengan kebaikan yang banyak”. (kepada wanita jamak/lebih dari satu wanita).

5. “Jazakamallah Khairan Katsiiraa (Arab ; جَزَا كم الله خَيْرًا كَثِيْرًا ) (كم-kam ):

Artinya : “Semoga Allah Membalas-kalian dgn kebaikan yg banyak”.

Keterangan :

Jazaa ( جَزَ )= semoga membalas, memberi, menambah,
Ka ( كَ ) = kamu / engkau (laki – laki tunggal)
Ki ( ك ) = kamu / engkau (Wanita tunggal)
Kum ( كم ) = kalian (laki-laki jamak / lebih dari satu)
Kun ( كن ) = kalian (wanita jamak / lebih dari satu)
Allah ( اللهُ ) = Allah
Khairan ( خَيْرًا ) = kebaikan,
katsiraa ( كَثِيْرًا ) = yang banyak.

Baca Juga : Arti Kaifa Haluki

Jawaban Jazakallah

Ketika berbuat suatu kebaikan kepada seseorang kemudian orang tersebut mengucapkan Jazakallah / Jazakallah Khairan Katsiiraa atau sejenisnya, lalu kita harus membalas atau menjawab apa?

Namun pada umumnya, ucapan Jazakallah yang merupakan sebuah doa tersebut dibalas dengan mengucapkan “aamiin” dan ucapan syukron (terima kasih) biasanya dibalas dengan mengucapkan “sama-sama”. Lalu, bagaimana dalam Islam?

Dalam Islam umumnya, membalas ucapan jazakallah dengan ucapan sebagai berikut :

Aamiin, wa iyyaka / wa iyyaki / waiyyakum” Artinya ; Semoga Allah mengabulkan, begitu juga kepadamu / kalian.

Dengan kita mengucapkan yang demikian seperti di atas, artinya kita kembali mendoakan orang yang sudah mendoakan kita.

Namun diatas tadi adalah jawaban umum karena ada jawaban yang lebih baik lagi, yakni seperti yang ada di dalam hadits.

Hadits shahih yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban dan Imam An Nasa’i, ketika salah seorang bernama Usaid bin Hudhair mewakili kaum Anshar untuk berterima kasih kepada Rasulullah SAW dengan mengucapkan jazakallah khairan, Rasulullah SAW pun menjawabnya dengan ucapan:

وَأَنْتُمْ مَعْشَرَ الْأَنْصَارِ فَجَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا

“Kamu sekalian wahai kaum Anshar, semoga Allah juga membalas kalian dengan kebaikan.”

Jadi, balasan atau jawaban dari jazakallah khairan yang di contohkan Rasulullah SAW adalah:

Fa jazaakumullahu khoiron (Arab ; فَجَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا )
Artinya : semoga Allah juga membalas kalian dengan kebaikan (jamak)

Fa jazaakallahu khoiron (Arab ; فَجَزَاكَ اللهُ خَيْرًا )
Artinya : Semoga Allah juga membalas mu dengan kebaikan (kepada laki-laki tunggal)

Fa jazaakillahu khoiron (Arab ; فَجَزَاكِ اللهُ خَيْرًا )
Artinya: Semoga Allah juga membalas mu dengan kebaikan (Kepada wanita tunggal)

Lalu, bagaimana jika orang tersebut hanya mengucapkan syukron (terima kasih)? kita bisa menjawabnya dengan mengucapkan Afwan. Lho bukankah afwan artinya maaf?

Sedikit penjelasan, kebanyakan orang Arab apabila ada yang mengucapkan padanya Syukron maka ia biasanya akan menjawab “Afwan” yang arti sebenarnya adalah “maaf”.

Lantas mengapa kebanyakan orang Arab mengucapkan kata tersebut? mereka merasa perlu meminta maaf meski pun mereka sudah berbuat baik atau membantu atau melakukan perbuatan baik lainnya, hal ini karena mereka merasa seharusnya bisa berbuat banyak atau lebih dari apa yang telah mereka lakukan (dalam berbuat kebaikan), alasan itulah yang membuat mereka perlu mengucapkan afwan, namun di sisi lain afwan bisa juga di artikan “sama-sama”.

Baca Juga : Arti Kaifa Haluk

Keutamaan Mengucapkan Jazakallah dan Syukron

Dalam Islam, kita tidak hanya diajarkan membangun hubungan baik dengan Allah Tuhan Yang Maha Esa, tetapi juga diajarkan untuk membangun hubungan baik sesama manusia, ingat ! Hablumminallah wa Hablumminannas.

Membangun hubungan baik sesama manusia salah satunya dengan mendoakan atau berterima kasih kepada manusia apabila ia telah menolong, berbuat baik atau memperlakukan kita dengan baik.

Lebih dari itu, mengucapkan terima kasih kepada sesama manusia karena kebaikannya bahkan merupakan tanda seseorang bersyukur kepada Allah Subhanallahu Wa Ta’ala. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang artinya :

“Tidaklah dikatakan bersyukur kepada Allah bagi siapa yang tidak tahu berterima kasih kepada manusia.” [HR. Tirmidzi dan Abu Daud]

Berbeda dengan ucapan syukron (terima kasih) lainnya, ucapan jazakallah khairan, jazakillah khairan ataupun jazakumullah khairan memiliki keutamaan sebagai berikut:

1. Terima Kasih Terbaik

Dibandingkan dengan ucapan “terima kasih”, “syukran”, dan lainnya, ucapan jazakallah khairan merupakan ucapan yang terbaik. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang artinya :

“Barangsiapa yang di buatkan kepadanya kebaikan, kemudian ia mengatakan kepada pelakunya: “Jazakallah khairan, maka ia telah benar-benar meninggikan pujian.”

2. Sunnah Rasulullah

Ucapan terima kasih dengan mengucapkan jazakallah khairan merupakan salah satu sunah Rasulullah SAW. Beliau mengajarkan ucapan ini, para sahabat juga mengamalkannya. Rasulullah SAW bersabda yang artinya ;

Jika seseorang berkata kepada saudaranya “jazaakallah khairan” maka ia telah memuji nya dengan setinggi-tingginya. [ HR. Thabrani ]

3. Ucapan Doa

Rasulullah SAW mengajarkan, ketika kita mendapat kebaikan / hadiah dari orang lain, hendaklah membalasnya dengan kebaikan atau dengan hadiah pula. Apabila belum bisa, setidaknya kita mengucapkan terima kasih dan mendoakannya.

Ucapan jazakallah khairan, atau yang sejenisnya adalah ucapan terima kasih sekaligus do’a untuk orang yang sudah berbuat kebaikan atau memberi hadiah kepada kita. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya ;

“Barangsiapa memberi kebaikan kepadamu, maka balaslah. Apabila engkau tidak bisa membalas kebaikannya, maka doakanlah ia hingga engkau yakin engkau sudah membalas kebaikannya.” [ HR. Abu Daud ]

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Agama Jazakallah Artinya. Baca juga Syukron Artinya. Semoga bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung ke website produktienssyariah.com.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.