One Piece: Beda Versi, Ini Sebab Zeff Kehilangan Kaki!

Sanji merupakan salah satu karakter paling kuat dan juga pribadi yang memiliki prinsip tinggi dalam seri One Piece. Semua hal itu berkat sosok Zeff. Sama seperti halnya Zoro dan Koshiro, Zeff juga memiliki jasa besar dalam hidup Sanji. Tanpa adanya Zeff, Sanji mungkin sudah mati di lautan dan dia tidak akan memiliki kemampuan untuk memasak dan bertarung.

Zeff merupakan kepala chef dan pemilik dari restoran terapung Baratie. Dia juga merupakan mantan kapten bajak laut Cook. Bagi Sanji, Zeff sudah lebih dari sekedar mentor. Dia adalah sosok ayah yang hilang dalam hidupnya. Selain mengajari Sanji apa yang dia ketahui dan kuasai selama ini, Zeff adalah orang yang juga mengajari Sanji untuk tidak menggunakan tangan dalam sebuah pertarungan, selain untuk memasak.

Zeff juga adalah sosok yang mengajari Sanji tentang aturan dan prinsip untuk tidak melukai atau mengancam wanita. Meskipun begitu, dalam ceritanya Zeff harus mengalami sebuah nasib yang mengerikan di mana dia kehilangan salah satu kakinya. Seperti yang kita ketahui, Zeff hanya memiliki satu kaki saat pertama kali muncul. Banyak fans yang kemudian bertanya-tanya apa yang terjadi kepada kaki Zeff.

BACA JUGA: One Piece: Siapa Target Admiral Ryokugyu?

Ada Dua Versi

Oda Sensei sendiri kemudian menghadirkan cerita tentang bagaimana Zeff harus kehilangan kakinya. Namun, yang menarik adalah ada dua perbedaan besar bagaimana Zeff kehilangan kakinya. Dalam versi anime, Zeff harus kehilangan kakinya setelah terkena reruntuhan kapal akibat berusaha untuk menolong sanji. Hal itu memaksa Zeff untuk memotong kakinya sendiri. Namun, dalam versi manganya cerita tersebut berbeda.

Dalam kilas balik dari masa lalu Sanji, dia dan Zeff diperlihatkan terdampar di sebuah pulau. Zeff pun memberikan Sanji makanan terakhirnya sambil dia pergi ke bagian lain pulau tersebut untuk mencari kapal yang lewat. Setelah berhari-hari, Sanji kembali dan melihat Zeff sudah kehilangan sebelah kakinya. Zeff memakan kakinya sendiri, karena itu menjadi satu-satunya cara untuk bisa bertahan hidup.

Lalu, mengapa ada dua versi yang berbeda dari cerita Zeff kehilangan kakinya? Hal ini sempat Oda jawab dalam kolom SBS. Seorang fan bertanya tentang adanya perbedaan cerita tentang hilangnya kaki Zeff antara versi manga dan anime. Dia bertanya apakah hal tersebut ada kaitannya dengan keberadaan sistem sensor. Dan Oda pun dengan tegas mengonfirmasi bahwa hal tersebut memang benar.

Menurut Oda, anak-anak akan merasa ketakutan dan terkejut ketika harus melihat bagaimana seseorang memakan kakinya sendiri. Menghadirkan momen tersebut di televisi, menurut Oda, akan menjadi sebuah kesalahan yang besar. Dan rasanya memang alasan tersebut masuk akal, karena bukan tidak mungkin jika anak-anak akan merasa ketakutan dan bahkan trauma melihat momen tersebut.

BACA JUGA: Attack on Titan: 9 Titan Paling Tahan Banting!

Kisah hidup Zeff di One Piece memang selalu menjadi pelajaran besar bagi Sanji. Seperti yang disebutkan di atas, Zeff bukan hanya sekedar koki atau mentor bagi Sanji. Dia adalah sosok pengganti ayahnya yang tidak pernah ada dalam hidup Sanji. Karena, seperti yang kita ketahui, ayah kandungnya, Vinsmoke Judge, justru memperlakukan Sanji dengan sangat kejam dan menganggapnya sebagai subyek uji coba bukan manusia atau anaknya sendiri.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.