Sebab Pemerintah Akan Terus Dampingi UMKM Perempuan








Selasa, 28 Juni 2022 13:23 WIB


Warga menggunakan mesin cuci listrik di tempat jasa pencucian pakaian di Tangerang, Banten, Minggu 26 Juni 2022. Sejumlah asosiasi UMKM mengatakan usulan PLN terhadap pelaku industri rumahan agar pindah ke golongan listrik untuk bisnis dan industri terkait rencana kenaikan tarif dasar listik, hanya akan menyulitkan pelaku usaha kecil karena memindahkan daya membutuhkan biaya serta tak ada jaminan kenaikan tarif jika mereka pindah. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

TEMPO.CO, JakartaMenteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi banyaknya UMKM yang dikelola oleh perempuan yang masih bisa menyekolahkan anak-anak mereka serta berpotensi menciptakan generasi wirausahawan mapan yang baru.

“Sebagian dari bisnis (UMKM) perempuan ini adalah lebih ke survival economy untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Tapi kalau kita lihat peran di dalam keluarga bagaimana mereka bisa menyekolahkan anak dengan pendapatan dari UMKM, kita berharap nanti dari keluarga mereka akan muncul anak-anak muda yang berpendidikan yang bisa memunculkan wirausaha baru,” kata Teten Masduki dalam rilis webinar Bangga UKM yang diselenggarakan Katadata di Jakarta, Selasa, 28 Juni 2022.

Teten mengingatkan bahwa sebanyak 64 persen pelaku usaha kecil, mikro dan menengah adalah kaum perempuan dan sebagian besar bergerak di bidang kuliner.

Ia juga menyatakan bahwa UMKM yang dikelola perempuan menjadi salah satu target pemerintah dalam rangka melahirkan 1 juta wirausaha mapan baru.“Problem-nya itu (UMKM perempuan) adalah produktivitas dan kualitas produk,” katanya.

Untuk itu, ujar dia, pemerintah akan terus mendampingi UMKM perempuan agar bisa bersaing, contohnya dengan mempermudah akses pembiayaan bukan hanya untuk modal kerja tetapi juga untuk mengembangkan produk.

Pemerintah, lanjutnya, juga tengah menyusun konsep UKM kluster untuk bisa meningkatkan daya saing dan juga pengembangan produk.

“Kita cari model kluster di mana UKM yang gabung dalam kluster, jadi agregator seperti e-commerce. Di dalam kluster itu ada penelitian dan pengembangan, sehingga untuk inovasi produk tidak perlu dikerjakan lagi semuanya jadi hanya produksi saja. Litbang untuk pengembangan produk dilakukan yang lain. Itu konsep UKM kluster dalam rantai pasok,” papar Teten.

Teten juga berharap UKM yang ada saat ini untuk memroduksi barang yang sudah ada pangsa pasarnya.

Apalagi, Tetenmengingatkan bahwa Presiden Joko Widodo sudah menginstruksikan pemerintah pusat dan daerah untuk alokasikan 40 persen anggaran belanja untuk beli produk koperasi dan UKM.

“Jumlahnya mencapai Rp 400 triliun dan ini sudah jelas pangsa pasarnya. UKM akan dibimbing untuk produksi barang dan jasa yang pangsa pasarnya sudah ada,” kata Teten.

Pascapandemi, pemerintah tidak hanya ingin UKM pulih tapi juga melakukan transformasi ke ranah digital, dengan target 30 juta UKM transformasi ke digital pada tahun 2024 di mana sekarang baru mencapai sekitar 19 juta UKM.

Rektor Universitas Prasetiya Mulya Prof Djisman Simandjuntak mengatakan, transformasi digital UKM bukan hanya di bidang logistik dengan platform sebagai pangkalan.

Namun, kata Djisman, produksi UKM juga harus mengalami perubahan teknologi dan ini menjadi kunci pengembangan usaha kecil dan menengah.

“Dia harus mengalami teknologisasi, sumber utama pertumbuhan adalah perubahan teknologi. Sekarang ini kita menghadapi zaman di mana teknologi itu memasuki segala proses yang diperlukan di dalam bisnis,” kata Djisman.

Baca Juga: Mau Buka Usaha? Berikut Alur Pengajuan Izin Usaha ke BKPM



31 menit lalu


Mau tidak mau, suka tidak suka UMKM harus mulai beralih ke arah digitalisasi

Tak semua Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mulai beralih ke ranah digital.



4 jam lalu


Mau Buka Usaha? Berikut Alur Pengajuan Izin Usaha ke BKPM

Tak ada kata terlambat untuk membuka usaha, bagaimana cara pengajuan izin usaha ke BKPM? Ini 4 alur tahapannya.



17 jam lalu


Diboyong Shopee ke Paris, Produk UMKM Indonesia Curi Perhatian Pengunjung

Gelaran Java in Paris berhasil mendulang sukses, sejak dua pekan bergulir



18 jam lalu


Kiat Digitalisasi bagi UMKM agar Usaha Lancar

Selain berjualan online, penting bagi pelaku usaha memahami pemasaran digital agar bisnis terus bertumbuh. Berikut empat tips bagi UMKM.



1 hari lalu


Festival di Sekolah Alam Palembang: Mengenal Budaya, Bahasa, Kuliner dari 11 Suku

Sekolah Alam Palembang menggelar Festival Budaya Nusantara 2022 agar para siswa mengenal adat istiadat dari berbagai daerah.



2 hari lalu


Potongan Rambut ‘Boy’ sedang Digandrungi Perempuan Arab Saudi

Di salah satu salon di pusat kota Riyadh, Arab Saudi, permintaan untuk potongan rambut “Boy” melonjak.



2 hari lalu


Klinik Aborsi di Amerika Mulai Tutup setelah Putusan Roe v Wade Dibatalkan

Klinik Aborsi sudah mulai ditutup di Amerika Serikat setelah putusan Mahkamah Agung menghapus hak perempuan untuk mengaborsi, seperti tertuang dalam Roe v Wade.



2 hari lalu


Perempuan Ditemukan Tewas Bersimbah Darah di Depan Rumah di Serpong

Kasus penganiayaan hingga korban seorang perempuan meninggal di Serpong Utara yang terjadi pagi tadi masih dalam penyelidikan pihak kepolisian.



2 hari lalu


Juru Bicara PBB Komentari Putusan MA Amerika soal Aborsi

Juru bicara Sekjen PBB menilai putusan MA tersebut tidak akan serta-merta menghentikan aborsi, namun bisa membuat hidup perempuanberisiko.



3 hari lalu


Kecam Putusan Aborsi Mahkamah Agung AS, Biden: Amerika Mundur 150 Tahun

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengecam putusan Mahkamah Agung yang membatalkan keputusan penting Roe v. Wade tahun 1973 tentang hak aborsi

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.